Lapangan Usaha BUMN

Lapangan usaha BUMN meliputi cabang-cabang produksi yang menguasai hajar hidup orang banyak. Hasil produksi BUMN diusahakan sebanyak mungkin dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.

Lapangan usaha tersebut meliputi bidang-bidang berikut:

1. Pertambangan

Contoh BUMN yang melakukan penambangan minyak bumi dan gas alam adalah PT. Pertamina. Di samping untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, hasil produksinya juga untuk ekspor. Hasil industri pertambangan timbah yang dikelola oleh PT. Timah juga untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri. Dengan demikian, kedua BUMN ini berfungsi untuk melayani kepentingan umum dan memupuk pendapatan.

2. Industri

BUMN yang memasuki lapangan usaha industri, antara lain PT. Pupuk Sriwijaya, PT. Semen Padang, dan PT. Sandang.

3. Telekomunikasi

BUMN yang bergerak dalam bidang pertelekomunikasian adalah PT. Telkom. Perusahaan itu semula berbentuk Perusahaan Umum (Perum). Sekarang, bagaimana Pertamina dan TImah berbentuk Perusahan Perseroan (Persero), PT. Telkom mendapat izin untuk menjual sahamnya kepada masyarakat dan telah dilaksanakan.

Lapangan Usaha BUMN

4. Perlistrikan

BUMN yang mengelola perlistrikan adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pelayanan jasa perlistrikan meluas bukan saja di daerah perkotaan, tetapi menjangkau jauh ke daerah pedesaan dan pulau-pulau terpencil. Kebutuhan tenaga listrik terus meningkat, lebih-lebih dengan adanya perkembangan industri yang pesat. Untuk itu, penambahan pembangkit listrik terus dilakukan yang meliputi Pembangkit Listrik Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Selain itu, diusahakan pula pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

5. Jasa Perbankan

BUMN yang mengelola perbankan, antara lain adalah sebagai berikut:
a. Bank Indonesia (BI).
b. Bank Rakyat Indonesia (BRI).
c. Bank Negara Indonesia 1946 (BNI 46).
d. Bank Pembangunan Indonesia (BAPINDO).

6. Pelayanan Bidang Jasa Lainnya

Pelayanan di bidang angkutan, pos dan giro, dan perasuransian dikelolah oleh Perum DAMRI, PT. Pos dan Giro, dan PT. Jiwasraya.

 

© Copyright 2013 Alam Perwira | Born to Glory Template Created By : Alam Perwira and original template by Denzdii | Powered By : Blogger

DMCA.com