Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Berikut ini akan diuraikan definisi (pengertian) kebudayaan menurut beberapa para ahli:

1. Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

2. Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.

3. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Kebudayaan adalah hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Karya (material culture) adalah kemampuan manusia untuk menghasilkan atau berwujud benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Rasa adalah semua unsur ekspresi jiwa manusia yang mewujudkan nilai-nilai dan norma-norma sosial, termasuk di dalamnya agama, ideologi, kebatinan, dan kesenian. Cipta adalah kemampuan mental dan berpikir yang menghasilkan ilmu pengetahuan.

4. Edward Burnet Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

5. Ralp Linton
Kebudayaan adalah keseluruhan pengetahuan, sikap, dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota suatu masyarakat tertentu.

6. Dr. K. Kupper
Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

7. William H. Haviland
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua anggota masyarakat.

8. Kluckhohn dan Kelly
Kebudayaan adalah semua rencana hidup yang tercipta secara historis, baik yang eksplisit maupun yang implisit, rasional dan irasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman perilaku manusia.

9. Kroeber
Kebudayaan adalah keseluruhan realisasi gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan, dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan, dan perilaku yang ditimbulkannya.

10. Spuhler
Kebudayaan adalah adaptasi biologis yang ditransmisikan secara nongenetis.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Dari sekian banyak definisi dari para ahli tentang kebudayaan, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri kebudayaan antara lain:

1. Kebudayaan dicipatakan manusia melalui perasaan (rasa), kemauan (karsa), dan karya (hasil) manusia.
2. Kebudayaan dibutuhkan manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
3. Kebudayaan diperoleh manusia dengan cara belajar.
4. Kebudayaan diwariskan dari suatu generasi ke generasi berikutnya secara nongenetis.
5. Kebudayaan dimiliki dan diakui oleh masyarakat.
6. Kebudayaan bersifat dinamis atau selalu berubah-ubah.
7. Kebudayaan dapat berupa ide atau gagasan, tindakan, dan hasil karya yang berwujud materi atau benda.

 

© Copyright 2013 Alam Perwira | Born to Glory Template Created By : Alam Perwira and original template by Denzdii | Powered By : Blogger

DMCA.com